Promo Wuling Merdeka

JAKARTA – Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melaporkan, hingga 9 Agustus 2020, jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 125.396 kasus.

“Tentang perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia pada saat ini perkembangan kasusnya sekarang sudah selesai 125 ribu dan naik 1.893. Jumlah sembuhnya juga meningkat dengan jumlah yang hampir mirip meninggalnya 65 pada hari ini,” kata Wiku dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 virtual, Minggu (9/8/2020).

Wiku mengatakan saat ini angka kesembuhan dan angka positif Covid-19 hampir relatif sama peningkatannya. “Kalau kita lihat perbandingan antara jumlah angka kesembuhan dan kasus positif ini relatif hampir sama jumlahnya. Ini menunjukkan kondisi yang bagus dan relatif meningkat,” katanya.

Selain itu, Wiku memaparkan lima provinsi dengan kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia. Kelima provinsi tersebut adalah DKI Jakarta 25.727 kasus, Jawa Timur 25.330 kasus, Jawa Tengah 10.611 kasus, Sulawesi Selatan 10.454 kasus, dan Jawa Barat 7.566 kasus.

“Kemudian kalau kita lihat dari jumlah kasus tertinggi dari secara nasional ini lima provinsi yang selalu berada di atas. Kebetulan sepertinya DKI Jakarta yang dulunya nomor dua sekarang menjadi nomor satu,” ucapnya.

Wiku menjelaskan peningkatan kasus di DKI Jakarta beberapa hari ini meningkat cukup pesat. “Kita lihat memang jumlah kasus di Jakarta cukup meningkat pesat di beberapa hari terakhir. Ini kaitannya dengan kontak tracing yang dijalankan dengan lebih baik itu satu hal. Yang kedua, juga pasti karena tingkat penularan,” katanya.

Wiku menegaskan pihaknya menargetkan agar kasus Covid-19 tidak naik terutama di lima provinsi terbanyak kasus Covid-19 saat ini. “Lima provinsi utamanya seperti ini kondisinya. Ini adalah target utama yang harus kita cegah untuk tidak naik terus ke atas. Tapi dari sisi angka kematian relatif sudah rendah,” tuturnya.

Nara Sumber: Okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *